Rektor UT Sebut Terlibat Aktif Perluasan Akses Pendidikan Tinggi

Tangerang, wartaduta.com – Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat menyebutkan pihaknya mendorong dan terlibat aktif dalam peningkatan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat ditengah pandemi.

Rektor UT Prof Drs Ojat Darojat MBus PhD di acara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2021/2022 secara Daring, Selasa 28 Juni 2022.

Hal itu dikatakannya saat acara Wisuda Universitas Terbuka Periode I Tahun Akademik 2021/2022 yang disiarkan secara live melalui cannel youtube Universitas Terbuka TV, Selasa 28 Juni 2022.

“Akibat dengan adanya pandemi tetapi di sisi lain meningkatkan pengembangan pembelajaran jarak jauh di Tanah Air,” kata Rektor UT, Ojat Darojat, di Pondok Cabe, Tangerang, Selasa 28 Juni 2022.

Ojat mengatakan, UT memiliki peran dalam pendidikan jarak jauh, karena satu-satunya kampus yang mengusung model pendidikan tersebut.

Namun, tambah Ojat, dengan adanya pandemi COVID-19, bermunculan kampus-kampus yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.

“Pasar pendidikan yang tadinya cenderung pendidikan jarak jauh oleh UT, akan tetapi sekarang sudah beralih pada pasar persaingan sempurna. UT melihat hal ini sangat positif, dengan akselerasi COVID-19 maka pendidikan jarak jauh semakin dikembangkan,” tambahnya.

Ojat mengungkapkan, UT terus mendorong perluasan akses pendidikan di Tanah Air. Biasanya mahasiswa yang mendatangi kampus akan tetapi di UT, kampus yang mendatangi mahasiswa.

“Biaya uang kuliah tunggal (UKT) sangat terjangkau jika dibandingkan kampus lainnya,” terang Rektor UT, Ojat Darojat.

Dia melanjutkan, daya tampung UT juga tidak dibatasi dan juga waktu tempuh pun tidak dibatasi, mahasiswa melakukan perkuliahan sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Kali ini, sebanyak 450 wisudawan yang diwisuda UT, berasal dari 39 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT).

Dalam kesempatan itu, Ojat menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk menghasilkan pembelajaran yang bermutu.

Post a Comment