Surya Paloh Bertemu AHY Hari Ini

Jakarta, wartaduta – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY akan menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini, Rabu 22 Februari 2023.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut Surya Paloh bersama rombongan dijadwalkan tiba pukul 10.00 WIB.

Adapun AHY akan didampingi oleh sejumlah pengurus teras.

Di antaranya Sekretaris Jenderal Teuku Riefky, Wakil Sekretaris Jenderal Renanda Bachtar, serta Wakil Ketua Umum Benny Kabur Harman.

“Ketum AHY didampingi Sekjen Teuku Riefky dan pengurus teras lainnya akan menyambut langsung Pak Surya Paloh,” kata Herzaky dalam keterangannya, dikutip Rabu 22 Februari 2023.

Herzaky menyebut AHY dan Surya Paloh akan mendiskusikan sejumlah isu. Misalnya, gugatan terhadap sistem Pemilu proporsional terbuka, upaya penundaan Pemilu, hingga upaya perubahan dan perbaikan yang mesti dilakukan di masa mendatang.

Topik ihwal Koalisi Perubahan disebut Herzaky tak luput dari pertemuan kedua tokoh itu.

Selain Demokrat, Koalisi Perubahan rencananya juga terdiri atas Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Saat ini, hanya NasDem yang sudah secara resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Kendati demikian, Demokrat dan PKS sudah menegaskan komitmennya bersama Koalisi Perubahan dan mengusung bekas Gubernur DKI Jakarta itu sebagai capres 2024.

“Pembentukan Sekretariat Perubahan, persiapan penandatangan MoU, dan deklarasi Koalisi Perubahan juga akan menjadi pokok bahasan di antara kedua tokoh ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan, piagam deklarasi Koalisi Perubahan sudah tuntas dibahas oleh tim kecil tiga partai.

Dia menjelaskan, ketiga partai tinggal mencari momentum yang tepat untuk mendeklarasikan koalisi.

Pasalnya, poin-poin dan substansi dalam piagam itu disebut Sugeng sudah selesai dibahas.

“Sudah selesai semua. Itu kan fungsinya tim kecil, kami yang menyiapkan, tinggal cari momentum, hari, bulan, tanggal yang baik aja,” kata Sugeng.

Meski demikian, Sugeng menyebut belum bisa memastikan apakah deklarasi ini sekaligus mengumumkan paket calon presiden serta calon wakil presidennya.

Adapun ketiga partai sudah satu suara menjagokan Anies Baswedan sebagai capres 2024 dan berkomitmen kerja sama dalam Koalisi Perubahan.

Menurut Sugeng, urusan deklarasi pendamping Anies masih dipertimbangkan oleh tim kecil ketiga partai.

Dia juga mengatakan pertimbangan ini merupakan bagian dari strategi melihat peta Pemilihan Presiden 2024.

“Sudah, semua sudah ada. Betul apakah akan mencalonkan, mengumumkan sekaligus cawapres, itu bagian pertimbangan. Kita lihat sebagai sebuah strategi,” pungkasnya.

Post a Comment